HMPSKegiatan

Tingkatkan Skill Kepenulisan, HMPS IAT Selenggarakan Pelatihan Mendeley

Jumat, 24 September 2021, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Fakultas Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta selenggarakan Pelatihan Mandeley. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung aula FUD dari pukul 09.00 sampai 14.00. Acara tersebut dibuka untuk umum yang memiliki minat untuk mempelajari sistem mandeley. Acara yang dilaksanakan di gedung aula FUD ini dihadiri oleh 10 peserta offline dan 25 peserta online. Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB dengan dibuka oleh Kaprodi IAT, H. Tsalis Muttaqin, Lc,. M.S.I. 

Sementara bertindak sebagai narasumber pada kegiatan ini Nur Rohman, S.Ud,. M.Hum. dosen dan sekaligus sekertaris Prodi IAT. Mengawali pembicaraannya, ia menyampaikan, ‘meski saat ini banyak bertebaran aplikasi-aplikasi yang bisa dipakai untuk mendukung aktifitas kepenulisan, namun jauh yang lebih penting adalah peran sang peneliti atau penulisnya’. Alat-alat yang akan dikuasai, seharusnya kemudian mendorong peneliti dan penulis untuk semakin produktif. Sehingga meskipun banyak alat telah dikuasai, namun tidak dimanfaatkan, maka hanya akan menjadi satu pengetahuan semata.

Acara yang berlangsung kurang lebih 5 jam ini dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama membahas secara umum penggunaan aplikasi tersebut serta penginstallan secara serentak di laptop masing-masing peserta. Sedangkan sesi kedua, topik pembahasannya lebih terfokus pada cara pengoperasian mandeley beserta tips dan trik dalam menggunakan aplikasi tersebut, seperti mencari referensi melalui mendeley, berbagi referensi dengan teman mendeley lain, dan lain sebagainya. Menjelang akhir sesi, dilakukan penutupan kegiatan pelatihan mandeley oleh pembimbing pada pukul 14.00 WIB dan dilanjutkan dengan pembagian sertifikat. 

Dengan dilaksanakannya pelatihan mandeley dapat memberikan manfaat untuk mahasiswa dalam mengoperasikan software mandeley dengan baik sehingga dapat mempermudah mahasiswa dalam penulisan referensi karya tulis yang akan dibuat khususnya penyusunan skripsi.

Comment here