HMPSKegiatan

KKL IAT 2021: Mendalami Tafsir Kronologis, Menyelami Makna Al-Qur’an

Surakarta, 11 Oktober 2021 menjadi satu peristiwa yang perlu dicatat bagi mahasiswa program studi IAT. Pasalnya, meski Pandemi Covid-19 di Indonesia telah melandai, namun hal ini tetap belum usia. Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bagi mahasiswa yang merupakan agenda tahunan harus tetap berjalan. Oleh karena itu, KKL tahun ini harus dilaksanakan secara online. 

Sesuai dengan nama kegiatannya, Kuliah Kerja Lapangan merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam mendukung capaian profil lulusan yang telah dicanangkan oleh Prodi. Dalam hal ini, mahasiswa diajak untuk melihat sejumlah medan/lapangan yang menjadi garapan mahasiswa IAT. Sehingga tema KKL kali ini adalah melihat Studi Tafsir Klasik, yang spesifik melihat teori tafsir kronologis, dalam tinjuan sarjana tradisional (Muslim) maupun sarjana Barat. 

Untuk menunjang wawasan dan kepiawaian mahasiswa dalam teori-teori studi Qur’an, maka KKL IAT kali ini menundang Dr. Phil. Muammar Zayn Qadafy. Seorang sarjana yang baru saja menyelesaikan disertasinya di Freiburg Jerman, tentang tafsir kronologi abad pertengahan yang fokus melihat Ibn Atiyah al-Andalusi dalam al-Muharrar al-Wajiz. Dalam kesempatan ini, Muammar membagi pemaparannya ke dalam tiga part(bagian). Bagian pertama, menjelaskan tentang teori-teori kronologi dalam keilmuan muslim tradisional (generasi klasik). Bagian kedua, penjelasan tentang teori kronologi dalam sarjana barat yang diwakili oleh Noldeke. Dan ketiga Muammar banyak menjelaskan tentang teori Abid al-Jabiri khususnya dalam tafsir kronologis.

Menyitir pengantar dekan FUD, Dr. Islah dalam sambutannya, bahwa ‘Al-Qur’an yang telah final tidak akan pernah selesai dikaji dalam segala aspeknya. Tema KKL IAT ini menjadi salah satu bukti dari statement ini’, ujarnya. Sementara itu, Kaprodi IAT, H. Tsalis Muttaqin, Lc., M.S.I, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dan berharap mahasiswa dapat mengambil poin-poin penting dari apa yang disampaikan oleh narasumber.

Kegiatan yang dilakukan secara online ini juga disiarkan secara langsung melalui Youtube Channel HMPS IAT dan dapat disaksikan ulang pada tautan berikut.

Comment here