Kegiatan

Prodi IAT Serahkan Mahasiswa PPL ke LSQ Ar-Rahmah, Yogyakarta

Bertempat di Bantul Yogyakarta, Prodi IAT IAIN Surakarta serahkan 60 mahasiswa peserta Praktek Pengayaan Lapangan (PPL) di PP LSQ Ar-Rahmah. Pengasuh PP LSQ Ar-Rahmah, Prof. KH. Abdul Mustaqim menyambut baik kedatangan para peserta mahasiswa IAT IAIN Surakarta. (28/05/21). Hadir pula dalam kesempatan ini, Kaprodi dan Sekprodi IAT IAIN Surakarta. Dalam sambutannya, Prof. Abdul Mustaqim menyampaikan bahwa PP LSQ siap menjadi tempat untuk memperdalam penguasaan kajian Al-Qur’an dan Tafsir, sesuai harapan mahasiswa dan pengelola Prodi IAT IAIN Surakarta. Sehingga pihaknya telah melakukan koordinasi dengan beberapa narasumber dalam kegiatan ini.

Dalam kesempatan yang sama, Kaprodi IAT H. Tsalis Muttaqin menyampaikan terima kasih kepada pihak LSQ ar-Rahmah yang telah menerima dan memberikan fasilitas yang sangat baik kepada mahasiswa IAT IAIN Surakarta. Selanjutnya, Ia juga berpesan kepada para mahasiswa untuk menggunakan waktu sebaik-baiknya dalam masa PPL yang tidak begitu lama ini. Ditemani Sekprodi IAT, Tsalis juga menyampaikan pentingnya menyambungkan sanad keilmuan dan menjaga akhlaq. “Hal ini penting dalam proses menuntut ilmu, sehingga ilmu keberkahan akan muncul dari ilmu yang didapat”, ujarnya.

Kaprodi IAT mengaku bersyukur, karena meski masih dalam masa pandemi covid-19, PPL tahun 2021 dapat dilaksanakan secara offline. Meskipun demikian, peserta PPL IAT yang berjumlah 60 mahasiswa harus dibagi menjadi dua kloter. Hal itu dilakukan agar proses pelaksanaannya dapat maksimal dan demi menjaga protocol kesehatan. Dalam proses pelaksaan PPL ini, mahasiswa akan dibekali dengan wacana dan metode penelitian dalam kajian Al-Qur’an dan Tafsir. 

LSQ Ar-Rahmah dipilih karena dirasa tepat dalam pelaksanaan program ini. Hal ini karena LSQ Ar-Rahmah merupakan lembaga yang memang memiliki konsentrasi dalam bidang pengembangan kajian Al-Qur’an dan Tafsir. Selain itu, lembaga ini telah berpengalaman mendampingi para mahasiswa memperdalam kajian Al-Qur’an dan Tafsir dari berbagai lembaga mitra lainnya. Sehingga diharapkan wawasan dan pemahaman mahasiswa IAT IAIN Surakarta dapat berkembang dalam proses pelaksaan PPL ini. 

Comment here