KaryaMahasiswa

Mahasiswa IAT Juara Pencak Silat

‘Basthotan fi al-ilm wa al-jism’(luas ilmunya dan perkasa badannya). Dengan semboyan itu, Affandi Yakub Gumelar Mahulai Nainggolaryang merupakan mahasiswa IAT angkatan 2017 yang berhasil menjadi juara I lomba pencak silat dalam Kejuaraan Internasional Paku Bumi Open 2020 yang diselenggarakan di Gor Laga Open Cup Bogor.

Kejuaraan dalam skala internasional tersebut bukan kali pertama diikuti oleh Afandi. Di tahun sebelumnya, ia juga tercatat menjuarai sejumlah kejuaraan baik dalam skala nasional maupun internasional. Di antara prestasi yang pernah ditorehkan yaitu;Juara 2 Lomba pencak silat Nasional Yogyakarta Championship 4; Juara 1 lomba pencak silat Nasional Asia-Eropa Paku Bumi Open Championship VI; Juara 1 Lomba Pencak silat Nasional Asia-Eropa Paku Bumi Open Championship VII.

Mahasiswa semester 6 ini memang sudah lama menggeluti dunia persilatan dan mengikuti berbagai kejuaraan mulai dari tingkat daerah hingga internasional. Dalam 3 tahun terakhir kiprahnya sebagai pesilat, ia mengharumkan nama IAIN Surakarta dengan berhasil menyabet 1 perak dan 7 emas. Perjuangannya untuk mendapatkan penghargaan-penghargaan tersebut tidaklah mudah, banyak hal yang perlu ia korbankan untuk meluangkan waktu latihan hingga jadwal perkuliahan.

Prestasi-prestasi yang telah diraih Affandi, mengantarkannya diganjar penghargaan dalam ajang student achievement award oleh Fakultas Ushuluddin dan Dakwah yang digelar di penghujung tahun 2019. Hal ini menunjukkan bahwa ia tidak hanya menjadi mahasiswa yang aktif mempelajari literature ilmiah dalam bidang ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, namun juga maju dalam bidang aktifitas penunjang lainnya.

Affandi juga berujar bahwa ia adalah seorang yang menyukai tantangan dan tidak suka berada di zona nyaman. Sebagai pernyataannya, “Kita harus mencoba suatu tantangan, untuk memenangkan segalanya. Karna Orang yang masih ada dalam zona nyaman tidak akan mendapat apa-apa. Jadi, Carilah semua tantangan agar mendapatkan suatu kemenangan.” 

Dengan munculnya mahasiswa-mahasiswa IAT yang berprestasi, semoga menambah semangat dan memberikan motivasi bagi mahasiswa lain untuk terus berbenah dan meningkatkan kemampuannya baik dalam bidang akademik, maupun aktifitas penunjang lainnya.

Comment here