HMPSKegiatan

Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Literasi, HMPS IAT Gelar Pelatihan Membaca dan Menulis Arab Pegon

Mengawali program kerja, pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) gelar pembukaan workshop dan pelatihan membaca dan menulis arab pegon. (2/3/20). Kegiatan ini diadakan guna meningkatkan kemampuan para mahasiswa IAT dalam bidang literasi arab pegon, ujar Fani ketua divisi keilmuan HMPS IAT.

Menurut Kaprodi IAT, H. Tsalis Muttaqin, Lc., M.S.I., kegiatan ini sangat sesuai dengan ciri khas program studi IAT IAIN Surakarta yang berupaya mengintegrasikan keilmuan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dengan nilai-nilai kearifan lokal. Sehingga pihaknya menyambut baik inisiatif mahasiswa ini. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa mahasiswa IAT harus mampu menjadi seorang akademisi yang ‘alim dan mengerti prosedur ilmiah. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan itu adalah dengan memahami karya-karya ulama’. Sementara itu, di Nusantara ini, telah lahir para ulama’ yang sangat arif mengajarkan Islam dengan cara menulis kitab menggunakan arab pegon. Dengan begitu kegiatan ini cukup penting untuk dilakukan. 

Rencanya, kegiatan ini diampu oleh Dr. Islah Gusmian, yang telah mendalami dunia naskah kuno beraksara pegonselama puluhan tahun. Dilakukan secara bertahap, kegiatan ini dijadwalkan akan dilaksanakan setiap hari senin. Harapannya, kegiatan ini akan menghasilkan output yang jelas, sehingga dapat memberikan dampak nyata bagi semua kalangan.

Nila Shafwatul Muna, selaku ketua HMPS IAT mengatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya dikhususkan untuk mahasiswa IAT, namun juga terbuka untuk mahasiswa prodi lain di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah yang mau belajar. Ia juga berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan istiqomah. Sehingga program kerja dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Pada acara pembukaan ini, sekitar 30 mahasiswa hadir dari lintas angakatan. Mereka Nampak antusias mengikuti acara ini. Semangat inilah yang menjadi modal untuk terus belajar. 

Comment here